Cara Instalasi, Hapus dan Update Program di Debian Server dan turunannya

Instalasi Program di Debian Server

Untuk melakukan instalasi program di debian server kita dapat menggunakan perintah apt-get dengan format sebagai berikut:

apt-get install <nama paket>
Misalnya kita akan menginstal program ssh.
apt-get install ssh

Instalasi File deb

Selain dengan apt-get kita juga dapat melakukan instalasi program dengan menggunakan file deb. Kita download file deb program yang akan di instalasi dari internet kemudian jalankan perintah dpkg.

dkpg -i <nama paket>

Ketika kita melakukan instalasi file deb dengan dpkg biasanya ada dependensi yang belum terinstal. Hal ini dapat menyebabkan error saat instalasi. Untuk mengatasi error kita harus menginstal dependensi yang dibutuhkan. Berikut adalah perintah yang dapat digunakan untuk mengatasinya.

apt-get install -f

Perintah diatas dapat digunakan setiap kali kita mendapatkan error setelah menjalankan perintah dpkg -i. Perintah tersebut akan menginstal dependensi yang dibutukan jika memang dapat dipenuhi. Namun jika tidak dapat diatasi biasanya program yang tadi di instalasi akan dihapus kembali.


Menghapus program yang telah diinstal

Untuk menghapus program yang telah diinstal kita dapat menggunakan perintah apt-get purge.

apt-get purge <nama paket>

Misal kita akan menghapus program vlc maka perintahnya menjadi seperti berikut:

apt-get purge vlc

Menghapus dependensi yang tidak terpakai pada sistem

Setelah kita menghapus sebuah program biasanya ada dependensi yang masih terinstal di sistem namun tidak lagi dibutuhkan oleh sistem. Untuk membersihkan dependensi yang sudah tidak dibutuhakan kita dapat menggunakan perintah apt-get autoremove.

apt-get autoremove

Membersihkan arsip file deb

Saat melakukan instalasi program apt-get akan mendownload file-file yang dibutuhkan dan menyimpannya di direktori /var/cache/apt/archives/. Arsip ini berfungsi jika kita telah menghapus suatu program kemudian ingin menginstalnya kembali maka apt-get tidak harus mendownload file-file yang dibutuhkan tetapi cukup dengan mengambilnya dari arsip. Namun jika kita ingin menghapus file-file arsip kita dapat menggunakan perintah apt-get autoclean.

 apt-get autoclean

Pengaturan arsip terdapat pada file /etc/apt/apt.conf.d/20archive. Pada file tersebut terdapat tiga parameter. Parameter pertama berisi lama maksimal arsip akan disimpan. Parameter kedua berisi lama minimal arsip akan disimpan. Parameter terakhir berisi besar maksimal ukuran arsip.


Update program

Update program berfungsi untuk memperbarui program yang ada di sistem. Update program meliputi beberapa poin yaitu perbaikan bug, menutup celah keamanan, penambahan fitur maunpun penghapusan fitur yang dirasa kurang berguna.

Untuk melakukan update pertama perbarui database repositori di sistem dengan perintah:
apt-get update
Kemudian jalankan perintah untuk update sistem.
apt-get upgrade

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi Error: dpkg-deb: error: subprocess paste was killed by signal (Broken pipe) pada Ubuntu

Konfigurasi IP Address di Debian 8

Konfigurasi DHCP Server pada Debian 8 Server